ALAT OUTPUT KOMPUTER

    

    Dalam satu set sebuah Komputer, terdapat sejumlah perangkat yang terbagi ke dalam beberapa kategori. Salah satunya adalah perangkat output. Meski sebenarnya perangkat yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi banyak orang, tetapi tak banyak orang yang tahu tentang apa itu alat output komputer. 

    Alat output komputer adalah perangkat keras yang digunakan untuk menampilkan atau menghasilkan informasi yang telah diproses oleh komputer, alat output juga bisa diartikan sebagai perangkat elektronik yang terhubung dengan komputer yang digunakan untuk mengirimkan data dari komputer dalam bentuk teks, suara, gambar, dan berbagai media lainnya. Berikut adalah komponen-komponen yang terkait dengan sebuah alat output komputer.

MONITOR

    Monitor komputer adalah sebuah perangkat output yang berfungsi menampilkan informasi dari komputer dalam bentuk visual berupa gambar dan teks, ini adalah antarmuka visual yang memungkinkan pengguna untuk melihat dan berinteraksi dengan data yang diproses oleh sebuah komputer. Monitor merupakan salah satu perangkat yang dibutuhkan oleh komputer untuk digunakan sebagai output atau keluaran data yang diproses oleh komputer secara grafis yang menampilkan visual agar bisa menghubungkan antara manusia dengan komputer. Termasuk salah satu perangkat keras atau hardware yang kegunaannya tidak bisa dipisahkan dalam pemakaian komputer. Jika tidak ada monitor maka tentunya sebuah komputer akan sangat sulit untuk dioperasikan, bahkan bisa dikatakan mustahil untuk digunakan. Monitor juga mempunyai nama lain yang disebut VDU (Visual Display Unit).


    Sejarah layar monitor yaitu bermula dengan adanya VDT (Video Display Terminal) yang bentuknya berupa layar yang menyatu dengan keyboard yang dihubungkan ke komputer. Tahap pengembangan layar monitor dimulai pada tahun 1855 yang ditandai oleh penemuan tabung sinar katoda oleh ilmuwan asal Jerman bernama Heinrich Geissler. Monitor pertama yang diciptakan yaitu bertipe CRT (Cathode Ray Tube) yang awalnya dikembangkan untuk menerima siaran televisi. Pengembangan sinar katoda pertama direproduksi oleh Allen B.Du Mont pada tahun 1931. Pada generasi awal, komputer masih menggunakan televisi sebagai layar penampil dari proses pengolahan data yang dilakukannya. 


PRINTER

    Printer komputer merupakan sebuah perangkat keras output yang biasanya digunakan untuk mencetak teks, gambar, atau dokumen digital dari komputer ke media fisik seperti kertas. Printer komputer digunakan untuk mencetak sejumlah dokumen, gambar, atau teks dari file digital yang ada di komputer ke kertas atau media cetak lainnya. Printer komputer juga merupakan sebuah alat yang sangat penting dalam lingkup komputasi sehari-hari. Meskipun perkembangan teknologi juga memungkinkan adanya berbagai alternatif penyimpanan dan berbagi informasi digital, kemampuan untuk menghasilkan dokumen fisik masih sangat diperlukan dalam banyak prsoalan.

    Printer elektronik dibuat pertama kali oleh perusahaan Epson pada 1968. Model printer pertama yang berhasil dikembangkan tersebut diberi nama EP-101. Awalnya printer yang dijual bebas itu masih menggunakan mesin ketik elektrik. Kemudian karena banyak orang yang membutuhkan kemampuan printer yang lebih cepat, printer Epson dikembangkan dari berbagai komponen aspek hanya untuk komputer. Selanjutnya, pada 1984 telah berhasil dikembangan printer laser, yaitu HP Laserjet. Printer jenis ini sangat populer di kalangan masyarakat dunia. Selain karena harganya yang murah, printer ini juga memiliki sebuah sistem terbaru yang dapat memudahkan penggunanya untuk mencetak dokumen.
Hingga sekitar 2010,  printer 3D mulai diminati oleh masyarakat meski pada saat itu masih dalam tahap pengembangan dan belum bisa digunakan serta dijual secara umum.


SPEAKER

    Speaker komputer adalah perangkat keras output yang digunakan untuk menghasilkan suara atau audio dari sebuah komputer. Mereka mengubah sinyal audio digital yang dihasilkan oleh komputer menjadi suara yang dapat didengar oleh pengguna. Speaker komputer merupakan komponen penting dalam pengalaman audio komputer. Kualitas suara dan jenis speaker yang kita pilih akan memengaruhi pengalaman mendengarkan musik, menonton video, dan berinteraksi dengan audio pada komputer kita. Terdapat beberapa jenis speaker komputer, termasuk speaker terintegrasi pada laptop atau monitor, speaker eksternal yang terhubung ke komputer melalui kabel atau nirkabel, serta sistem speaker surround yang kerap digunakan untuk pengalaman audio yang lebih mendalam.

   Pada tahun 1898, Horace Short mengumumkan sebuah design speaker yang menggunakan kompresor udara yang kemudian menjualnya pada Charles Parsons. Kemudian mendapatkan beberapa tambahan hak paten di Inggris sebelum 1910. Pada tahun 1924 Dr. Walter H. Schottky menemukan pita loudspeaker pertama. Untuk pertama kalinya speaker menggunakan electromagnet sehingga suara yang dihasilkan sangat keras. Sudah jelas fungsi dari speaker yakni untuk memproduksi gelombang suara, namun setiap jenis dan merk speaker khususnya untuk car audio mulai dari tweeter, midrange, midbass hingga subwoofer, masing-masing mempunyai fungsi dan tugas yang berbeda dalam hal memproduksi suara.


HEADSET ATAU HEADPHONE

    Headset dan headphone adalah perangkat audio yang digunakan untuk mendengarkan suara atau audio pada sebuah komputer. Headset biasanya digunakan untuk komunikasi suara dua arah, seperti panggilan suara, konferensi video, bermain game, atau bekerja dengan aplikasi yang memerlukan input suara. Headphone sering digunakan untuk mendengarkan musik, menonton film, atau mendengarkan audio secara pasif. Headphone atau earphone identik dengan musik karena kemampuannya mendistribusikan audio dari pemutar musik ke telinga pengguna.


HEADSET





















HEADPHONE








 


















    Headset diciptakan pertama kali pada tahun 1910 oleh Nathaniel Baldwin, mahasiswa Universitas Stanford. Namun penemuannya ini tidak langsung menjadi perhatian publik, karena pada zaman itu, Baldwin tidak mampu menemukan orang yang berminat untuk memproduksi temuannya secara massal. Alat dengar telinga yang biasa di gunakan untuk telepon sebenarnya sudah ada sejak abad ke-20. Di tahun 1986, terdapat teknologi pengurangan gangguan suara dengan mengembangkan headset untuk melindungi pendengaran pilot dari kebisingan. 


PROYEKTOR

  Proyektor merupakan sebuah perangkat keras output yang kerap digunakan untuk memproyeksikan suatu gambar atau tampilan dari komputer atau perangkat lain ke layar besar, dinding, atau permukaan datar lainnya. Dengan kata lain, pengertian proyektor adalah alat untuk membantu untuk menampilkan sebuah gambar, video maupun data-data lainnya dari komputer atau laptop ke sebuah layar besar atau permukaan yang hampa dan simetris. Proyektor sangat bermanfaat untuk membantu seseorang dalam aktivitas yang berkenaan dengan akademika terkhusus sebuah lembaga pendidikan seperti halnya presentasi dan memaparkan penjelasan atau presentasi dalam bentuk teks, gambar, animasi, atau bahkan video, kepada audiens agar lebih mudah dimengerti.

    Gene Dolgrof adalah ilmuwan yang menemukan proyektor LCD pertamakali. Penemuan tersebut berawal saat Gene akan memproduksi video ketika ia masih bekerja di sebuah universitas di New York. Saat itu, Gene memiliki ide membuat proyektor LCD yang lebih cerah dari proyektor 3-CRT. Ia menggunakan elemen khusus yang banyak disebut dengan katup cahaya untuk mengatur jumlah cahaya yang melewati proyektor. Gene mencoba memanfaatkan berbagai bahan untuk mewujudkan idenya tersebut. Pada tahun 1971, ia mencoba menggunakan kristal cair sebagai pengatur cahaya proyektor. Pada tahun 1984, Gene mendapatkan kemajuan yang signifikan atas percobaannya. Di tahun yang sama, Gene berhasil membuat proyektor LCD pertama di dunia.






REFERENSI:

https://www.maxmanroe.com/vid/teknologi/pengertian-proyektor.html
https://id.pinterest.com/
https://student-activity.binus.ac.id/band/2017/05/tenda-sejarah-sejarah-penemuan-headset-atau-earphone/
https://blog.unnes.ac.id/sutrisno/2017/02/28/pengertian-dan-sejarah-speaker/
https://kumparan.com/kabar-harian/printer-pengertian-sejarah-fungsi-jenis-jenis-dan-manfaatnya-1xj6SUcFVtk
https://idmetafora.com/news/read/992/Sejarah-dan-Perkembangan-Display-Monitor.html
https://kumparan.com/berita-update/apa-itu-alat-output-komputer-ini-penjelasan-dan-contohnya-21DccQeyMDs


Demikian informasi singkat tentang apa itu alat output komputer dan beberapa contohnya yang menarik untuk diketahui. Semoga bermanfaat, terima kasih sudah berkunjung yak teman-teman. (Atta)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ALAT INPUT KOMPUTER

MANAGEMEN SISTEM INFORMASI