MANAGEMEN SISTEM INFORMASI

    Manajemen Sistem Informasi (MSI) di sini terbagi dalam 3 penggalan kata yaitu, (Managemen) yang di artikan dalam KBBI adalah suatu usaha yang di lakukan untuk mengatur atau mengolah sesuatu, (Sistem) yang berarti sebuah tatanan atau susunan yang sudah terbentuk terkait dengan sesuatu hall yang bersifat memiliki sebuah rangkaian, lalu (Informasi) adalah suatu data yang di dapatkan dari narasumber lalu di jadikan sebagai bahan olahan untuk di sampaikan kembali kepada orang lain, jadi Manajemen Sistem Informasi adalah sebuah disiplin yang berkaitan dengan pengelolaan sumber daya teknologi informasi dalam sebuah organisasi untuk mencapai tujuan bisnis dan operasionalnya. MSI melibatkan perencanaan, pengembangan, pengimplementasian, pemeliharaan, dan pengawasan sistem informasi yang digunakan dalam organisasi. berikut adalah beberapa macam manajemen sistem informasi.

Manajemen Proyek TI (IT Project Management)

MPTI ini berkaitan dengan sebuah perencanaan, pelaksanaan, dan pengelolaan proyek-proyek TI, termasuk penjadwalan, pengendalian biaya, manajemen risiko, dan pengawasan proyek.

Manajemen Keamanan Informasi (Information Security Management)

Memiliki tanggung jawab untuk melindungi data dan sistem informasi dari ancaman keamanan, memastikan kepatuhan terhadap kebijakan keamanan, dan menangani insiden keamanan.

Manajemen Infrastruktur TI (IT Infrastructure Management)

Berpatokan pada perencanaan, implementasi, pemeliharaan, dan peningkatan infrastruktur TI seperti jaringan, server, komputasi awan, dan sistem penyimpanan data.

Manajemen Layanan Teknologi Informasi (IT Service Management)

Berkaitan dengan pengelolaan layanan TI dari aspek pengguna, termasuk manajemen permintaan layanan, manajemen insiden, perubahan, kapasitas, dan kontinuitas layanan.

Manajemen Basis Data (Database Management)

Bertanggung jawab untuk desain, pengelolaan, pemeliharaan, dan keamanan basis data yang digunakan dalam sebuah organisasi.

Manajemen Sistem Enterprise (Enterprise Systems Management)

Terfokus kepada pengelolaan sistem yang terintegrasi dalam seluruh organisasi yang ada, seperti Enterprise Resource Planning (ERP) dan Customer Relationship Management (CRM).

Manajemen Risiko TI (IT Risk Management)

Melibatkan identifikasi, evaluasi, dan pengelolaan risiko yang terkait dengan penggunaan teknologi informasi dalam organisasi.

Manajemen Pengetahuan (Knowledge Management)

Fokus pada cara organisasi mengelola, menyimpan, dan berbagi pengetahuan dan informasi secara efektif.

Manajemen Strategi TI (IT Strategy Management)

Menentukan arah strategis penggunaan teknologi informasi yang mendukung tujuan bisnis organisasi.

Manajemen Integrasi Sistem (Systems Integration Management)

Berkaitan dengan mengintegrasikan sistem dan aplikasi yang berbeda dalam organisasi untuk dapat berkomunikasi dan berbagi data secara efisien.

    Masing-masing bidang manajemen sistem informasi ini memiliki peran penting dalam mendukung fungsi organisasi yang berkenaan dengan teknologi informasi. Di dalam suatu organisasi juga seringkali beberapa dari area manajemen sistem informasi ini akan bekerja bersama-sama untuk memastikan bahwa teknologi informasi mendukung tujuan bisnis secara efektif dan efisien. 

    Dengan penemuan komputer, pengolahan data dilakukan dalam perangkat keras dan perangkat lunak. Aplikasi awal teknologi komputer dalam sistem informasi manajemen difokuskan pada pemrosesan data. Perkembangan selanjutnya berfokus pada informasi dan dukungan keputusan. Untuk memahami perkembangan sistem informasi manajemen secara lebih rinci, berikut ini adalah uraian singkat perkembangan atau tahapannya.



REFERENSI:

https://www.kompasiana.com/anidasr10/62b024ddbb448620340d2054/perkembangan-sistem-informasi-manajemen-berdasarkan-periode-dan-pengaruh-sistem-informasi-manajemen-pada-sebuah-perusahaan


Demikian informasi singkat tentang apa itu Managemen Sistem Informasi dan beberapa hal lainnya yang menarik untuk diketahui. Semoga bermanfaat, terima kasih sudah berkunjung yak teman-teman. (Atta)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ALAT OUTPUT KOMPUTER

ALAT INPUT KOMPUTER