ALAT INPUT KOMPUTER

  

    Dalam satu set sebuah Komputer, terdapat sejumlah perangkat yang terbagi ke dalam beberapa kategori. Salah satunya adalah perangkat input. Meski sebenarnya perangkat yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi banyak orang, tetapi tak banyak orang yang tahu tentang apa itu alat input komputer.    

   Alat input komputer adalah sebuah perangkat keras yang di gunakan untuk memasukan data, perintah, atau sebuah informasi kedalam komputer, di era globalisasi saat ini perkembangan teknologi semakin canggih, maka dari itu mungkin hal ini tidak asing lagi untuk orang yang hidup di zaman era serba canggih seperti kita pada saat ini, setiap komponen memiliki fungsinya masing-masing, dan pemilihan alat input tergantung pada kebutuhan pengguna serta jenis komputer yang digunakan. Berikut adalah komponen-komponen yang terkait dengan sebuah alat input komputer.

KEYBORD

  Keyboard adalah sebuah papan ketik yang terdiri dari tombol-tombol yang berisikan sebuah huruf alfabet dari A Sampai Z yang di gunakan untuk mengetikkan suatu kalimat, lalu angka 1 – 0 dan simbol-simbol khusus lainnya. Keyboard pada komputer secara umum berfungsi untuk mengirimkan sebuah perintah dari setiap huruf, angka dan simbol yang diketikkan, lalu menyampaikannya ke CPU (Central Processing Unit) selanjutnya perintah tersebut diubah menjadi sinyal-sinyal digital yang dapat dimengerti processor yang lalu akan tampil pada layar monitor komputer. Keyboard juga berfungsi membantu pengguna dalam mengontrol pekerjaan secara efisien, dengan mempelajari beberapa perintah dan tombol instruksi. 


   Keyboard diciptakan dengan adanya ilham dari mesin ketik rancangan Christopher Latham pada tahun 1868. Saat itu, mesin ketiknya dipasarkan pada tahun 1877 oleh perusahaan Remington. Keyboard pertama dibuat sesuai dari kartu pelubang atau punch card dan teknologi pengiriman tulisan jarak jauh (Teletype). Lalu pada tahun 1946 komputer ENIAC memakai pembaca kartu pembuat lubang (punched card reader) ini menjadi alat input dan output.

MOUSE

    Mouse komputer merupakan sebuah perangkat input yang biasa digunakan untuk mengontrol gerakan kursor pada layar komputer. Mouse juga merpakan bagian dari perangkat keras yang ada dalam komponen-komponen komputer untuk menunjang pengoperasiannya supaya lebih memudahkan penggunanya. Secara umum, mouse berguna sebagai alat penunjuk (pointing device) untuk mempermudahkan pengguna dalam memilih objek yang diinginkan. Kursor mouse di layar  akan berpindah ke arah mana saja mengikuti gerakan mouse itu saat diarahkan oleh penggunanya. Saat pengguna melakukan klik ataupun scroll, sensor akan mengirimkan sinyal perintah kepada komputer sama persis atas apa yang user lakukan. 



    Sejarah mouse berawal dari saat pertama kali ditemukan oleh Douglas Engelbart pada tahun 1964 dengan bentuk awal yang terdiri dari tempurung kayu, circuit board dan dua roda metal yang berkontak dengan permukaan datar. Dulu, mouse hanya digunakan untuk keperluan memilih item dalam komputer melalui klik, namun saat ini banyak mouse bertipe khusus untuk gaming ataupun reguler yang sudah dilengkapi dengan banyak fitur tombol aksesoris seperti tombol untuk back, forward, dpi selection dan sebagainya. 

TOUCHPAD

    Touchpad adalah sebuah perangkat input yang umumnya ditemukan pada laptop atau notebook. Perangkat ini berfungsi untuk mengontrol gerakan kursor pada layar tanpa memerlukan mouse eksternal, touchpad memungkinkan pengguna untuk mengontrol gerakan kursor pada layar dengan menggunakan jari atau beberapa gerakan sama dengan mouse hanya saja touchpad lebih melekat kepada laptop. Dengan menggeser atau menyentuh bagian permukaan sensitif pada touchpad, maka pengguna dapat mengontrol kursor dan melakukan klik atau aksi lainnya.



    Sejarah touchpad tak terlepas dari kemunculan ide komputer portable yang biasa kita kenal dengan sebutan laptop atau notebook, dicetuskan oleh Alan Kay di Xerox PARC pada 1970. Sejak saat itu, ide ini terus dikembangkan dari piranti alternatif mouse ke dalam computer portable. Tepatnya pada 1983, komputer portable yang dianggap menjadi laptop pertama dikenalkan di pasar dunia. Sejak era itu, teknologi ini terus berkembang sampai lantas touchpad mempunyai fitur bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengenali goresan pena semisal yang kita kenal saat ini ini. 

TRACKBALL

Trackball merupakan sebuah perangkat input yang biasa digunakan untuk mengontrol gerakan kursor pada layar komputer. Berbeda dengan mouse yang digerakkan di atas permukaan datar, jika di lihat secara kilasan mata sama dengan mouse tetapi sebenarnya berbeda, trackball memiliki bola yang dapat digerakkan dengan jari atau telapak tangan untuk mengontrol gerakan kursor. Trackball mengubah gerakan bola yang terletak di bagian atas perangkat menjadi gerakan kursor pada layar. Bola tersebut bisa digerakkan dengan jari atau telapak tangan untuk mengontrol gerakan kursor. 



    Trackball pertama kali diciptakan di dunia oleh 3 orang peneliti yaitu Tom Cranston, Fred Longstaff dan Kenyon Taylor yang bekerja di sebuah proyek Angkatan Laut Kanada di tahun 1952. Ini artinya trackball ditemukan lebih dulu daripada mouse yang diciptakan pada tahun 1965. Saat itu trackball memiliki ulasan yang lebih baik daripada mouse karena kontak dengan tangan para pengguna yang umumnya lebih bersih dari pada meja atau mousepad dan bola padat trackball lebih mudah digulirkan dan tidak seseret roda atau bola pada mouse. Sekitar era tahun 1970-an akhir trackball telah muncul dalam permainan komputer dan video, dan game arcade.

SCANNER

    Scanner komputer adalah sebuah perangkat keras yang biasa digunakan untuk mendigitalkan gambar atau teks dari dokumen fisik menjadi sebuah format yang dapat disimpan dan dimanipulasi di komputer. Scanner memungkinkan pengguna untuk mengambil gambar atau teks dari dokumen fisik seperti foto, gambar, teks cetak, atau dokumen lainnya dan mengonversinya menjadi sebuah format digital yang dapat disimpan di komputer. 



Sejarah perkembangan scanner berawal pada tahun 1975, ketika Ray Kurzweil dan timnya menciptakan Kurzweil Reading Machine beserta software Omni-Font OCR (Optical Character Recognation) Technology. Software ini berfungsi untuk mengenali teks yang ada dalam sebuah objek yang discan dan di terjemahkan menjadi data dalam bentuk teks. Dari awal perkembangan itulah teknologi scanner berawal dan akhirnya terus berkembang sampai hingga saat ini dengan teknologi yang semakin lama semakin maju karena pengaruh positif dari globalisasi. Kini scanner sudah dapat digunakan untuk menscan objek tiga dimensi dan film negatif.

WEBCAM

    Webcam merupakan sebuah perangkat keras yang terhubung kepada komputer dan digunakan untuk menangkap video serta audio secara real-time. Webcam memungkinkan pengguna untuk merekam video dan audio langsung atau mengambil gambar dengan bantuan kamera yang terpasang pada komputer. Secara umum, webcam juga merupakan sebuah perangkat keras komputer yang digunakan untuk merekam gambar dan suara secara digital, dengan tujuan untuk melakukan video konferensi, streaming langsung, atau panggilan video. Webcam biasanya terhubung dengan komputer atau laptop melalui kabel USB atau nirkabel dan dapat diaktifkan menggunakan sebuah perangkat lunak yang disediakan oleh produsen atau perangkat lunak pihak ketiga.



    Awal pengembangan teknologi kamera digital pada tahun 1950-an dan 1960-an, di mana para insinyur mulai mengembangkan teknologi CCD (Charge Coupled Device) untuk merekam gambar digital. Lalu pada tahun 1991, penemu Inggris, Quentin Stafford-Fraser, dan Paul Jardetzky dari Cambridge University Computer Laboratory menciptakan webcam pertama dengan nama "XCoffee". Webcam tersebut merupakan sebuah kamera yang terhubung dengan komputer dan dapat merekam gambar serta mentransmisikannya melalui jaringan internet.  Pada tahun 1994, Microsoft merilis webcam pertama mereka, yang disebut "Microsoft RoundTable". Webcam tersebut memiliki kemampuan untuk merekam gambar dan suara dalam format video konferensi.

MICROPHONE

    Mikrofon komputer adalah perangkat keras yang digunakan untuk merekam sinyal audio dan mengubahnya menjadi sinyal digital yang dapat diproses oleh komputer menjadi sebuah sinyal frekuensi. Mikrofon digunakan untuk merekam suara atau audio. Ini dapat digunakan untuk panggilan suara, rekaman audio, pengenalan suara, atau penggunaan dalam aplikasi yang memerlukan input suara. Mikrofon merupakan sebuah komponen sangat penting dalam perangkat Elektronik seperti alat bantu pendengaran, perekam suara, penyiaran radio maupun alat komunikasi lainnya seperti Handphone, Telepon, Interkom, Walkie Talkie serta Home Entertainment seperti Karaoke. Pada dasarnya sinyal listrik yang dihasilkan Microphone sangatlah rendah, oleh karena itu diperlukan penguat sinyal yang biasanya disebut dengan Amplifier.



    Pada tahun 1876, Emile Berliner menemukan mikrofon pertama yang digunakan sebagai pemancar suara telepon. Emile Berliner melihat perusahaan Bell dan terinspirasi untuk menemukan berbagai cara untuk meningkatkan kualitas telepon yang baru diciptakan. Pada tahun 1878, David Edward Hughes menciptakan model mikrofon karbon yang kemudian dikembangkan pada tahun 1920-an. Mikrofon hughes ini merupakan tipe awal mikrofon karbon yang digunakan sampai saat ini. Pada tahun 1942, mikrofon pita diciptakan untuk alat dalam penyiaran radio. Pada tahun 1970-an mikrofon diproduksi hampir satu miliar produksi setiap tahunnya.





REFERENSI:

https://tekno.kompas.com/read/2023/09/02/12330067/macam-macam-perangkat-input-komputer-dan-fungsinya-yang-perlu-diketahui?page=all
https://www.wadahtekno.com/2018/04/mikrofon.html
https://blog.unnes.ac.id/sutrisno/2017/03/01/sejarah-scanner/
https://risvansite.wordpress.com/2015/09/09/sejarah-trackball/

Demikian informasi singkat tentang apa itu alat input komputer dan beberapa contohnya yang menarik untuk diketahui. Semoga bermanfaat, terima kasih sudah berkunjung yak teman-teman. (Atta)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ALAT OUTPUT KOMPUTER

MANAGEMEN SISTEM INFORMASI